Rabu, 04 Juli 2012

Wisata Alam Di Pulau Mentawai, Sumatera Barat

Bagi anda yang hendak berwisata melakukan petualangan ke alam bebas, Pulau Mentawai adalah pilihan terbaik. Sebuah pulau yang dikelilingi oleh hutan hujan tropis dengan tradisi masyarakat setempat yang begitu melekat. Pulau Mentawai merupakan salah satu tempat yang paling terisolasi di Indonesia, jauh dari dunia pusat perbelanjaan dan taman hiburan, sehingga para wisatawan datang benar-benar mendapatkan petualangan. Terletak di lepas pantai Barat Sumatera, kepulauan Mentawai mencakup empat kota, Sirebut, Sipora, Pagai Utara dan Pagai Selatan.
Sirebut adalah kota yang terbesar dari pulau Mentawai dan sebagian besar masih ditutupi dengan hutan hujan tropis.
Dari saat Anda tiba di Sirbeut dan melihat karang pantai putih, hutan hujan kuno, Anda akan merasa sulit untuk menolak jatuh cinta dengan tempat ini. Kota terbesar di Sirebut adalah Muara Sirebut yang berlokasi di pantai tenggara. Dari sini, Anda dapat melakukan perjalanan dengan pemandu lokal. Pulau ini adalah rumah yang kaya akan keanekaragaman hayati dan telah menerima penunjukan sebagai cagar biosfer UNESCO.
Lokasi yang terpencil dari pulau-pulau ini, tidak berarti bahwa orang Mentawai memiliki kontak sedikit sekali dengan dunia luar. Saat ini, Mentawai masih mematuhi praktek-praktek tradisional dan masih memiliki hubungan spiritual yang kuat dengan hutan dengan sistem keyakinan yang menekankan harmoni dengan ciptaan.
Kebanyakan antropolog menggolongkan orang Mentawai sebagai Protomalay yang berarti mereka memiliki budaya sebagian besar Neotlithic tapi belum dipengaruhi oleh agama Buddha, Islam atau Hindu.
Pulau ini memiliki beberapa titik lokasi berselancar terbaik dengan gelombang yang besar, sehingga menjadikan pulau ini sebagai tempat terbaik bagi anda yang menyukai surfing.
Akses
Untuk mengakses semua keindahan yang ditawarkan, Anda dapat menyewa perahu milik penduduk setempat atau Anda dapat menemukan perahu di sepanjang pantai. Untuk harga menyewa perahu, tergantung pada keahlian tawar-menawar Anda.
Untuk sampai ke Pulau Mentawai dapat ditempuh dengan penerbangan selama kurang lebih 30 menit dari Sebaung Merauke, Padang. atau dengan menggunakan feri dari kota Padang. Mungkin cara termudah untuk sampai ke kota Sirebut di Pulau Mentawai adalah bergabung dengan tur trekking. Wisata ini biasanya berangkat dari Bukittinggi atau Padang dan akan mengatur transportasi ke pulau itu.
Wisatawan independen harus dapat berbicara bahasa Indonesia yang wajar untuk melakukan negosiasi dengan pemandu lokal di Sirebut. Mereka juga harus mengatur izin perjalanan mereka sendiri dengan polisi.