Rabu, 27 Juni 2012

Pulau Komodo Jadi Tujuh Keajaiban Dunia

JAKARTA - Penetapan Pulau Komodo dalam New7 Wonders of Nature bukanlah akhir dari dukungan masyarakat Indonesia. Berbagai langkah harus dikerjakan untuk menjadikannya objek wisata yang mendulang rezeki bagi masyarakat sekitar.
Ketua Yayasan Komodo Kita Emmy Hafild mengatakan bahwa kemenangan Pulau Komodo merupakan langkah awal dalam membangun kesejahteraan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT). "Akan ada kerja sama beberapa pengusaha untuk membangun dan mengembangkan Pulau Komodo," ujarnya kepada wartawan pada acara "Pengumuman Konfirmasi Taman Nasional Komodo" sebagai salah satu pemenang New7Wonders of Nature, di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI), baru-baru ini.
Menurutnya, perlu ada masterplan untuk mengembangkan Pulau Komodo. "Masterplan ini akan lebih dititikberatkan kepada peningkatan sumber daya manusia sekitar dan sarana infrastruktur agar saat wisatawan datang, semua sudah siap," terangnya.
Pasalnya di satu sisi, dikatakan Emmy, saat ini kesejahteraan masyarakat NTT masih rendah. "Perlu memertimbangkan untuk mengembangkan aspek wisata guna meningkatkan devisa dan perekonomian Nusa Tenggara Timur," ujarnya.
Sementara dilansir dari Sindo, Duta Pulau Komodo Jusuf Kalla pada kesempatan yang sama menjelaskan, setelah melalui proses tahapan audit dukungan dan konfirmasi, tahapan berikutnya adalah inaugurasi formal di Pulau Komodo seperti yang telah berlangsung di Filipina dan Vietnam. Proses inaugurasi Pulau Komodo sebagai tujuh keajaiban alam dunia, kata JK, rencananya diresmikan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
”Presiden sedang mencari tanggal yang tepat di bulan ini untuk datang dan meresmikan Pulau Komodo,” tandasnya.
Tahapan berikutnya, lanjut JK, menggelar kampanye internasional agar New7 Wonders ini lebih dikenal lagi. Terakhir, perbaikan seluruh fasilitas di Pulau Komodo sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Jika saat ini dalam sehari hanya terdapat lima penerbangan melalui Labuhan Bajo, ke depan ditargetkan ada 10 penerbangan.
”Jadi masih ada tiga tahapan yang harus kita lalui,” jelasnya.
Pulau Komodo masuk menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia dengan meraup dukungan melalui pesan singkat (SMS) sebanyak 200 juta lebih. JK berharap terpilihnya Pulau Komodo masuk tujuh keajaiban alam dunia meningkatkan kunjungan wisata ke NTT, minimal 1.000 orang per hari.
”Bandara diperpanjang, rumah sakit dan jalan akan diperbaiki,” ucapnya.
Peningkatan SDM masyarakat juga akan dilakukan seperti membuka kursus bahasa Inggris dan pemberian pelatihan untuk menjadi guide. Sejumlah investor, yayasan, dan universitas siap membantu perbaikan dan peningkatan SDM masyarakat di sekitar Pulau Komodo.
Sumber : http://travel.okezone.com